Senin, 19 November 2012

CONTOH SOAL ESSAY TEORI ORGANISASI UMUM




  1.  Apa yang dimaksud dengan wewenang?
Jawab : 
wewenang adalah aspek kunci dari setiap kedudukan manajerial. Manajer yang bekerja dengan bawahan harus mempunyai kemampuan untuk menyelesai­kan urusan-urusan melalui bawahan ini dengan menggunakan cara apa saja yang perlu, termasuk kekuasaan untuk memerintah

 2.      Apa perbedaan tanggungjawab besar antara organisasi besar dan kecil jika dilihat dari segi perspektif kontinuitas ?

Jawab :
a.   Organisasi besar memiliki tanggungjawab tinggi dalam mempertahan­kan stabilitas kontinuitas secara jauh lebih komprehensif. Ini sebagaimana dikatakan oleh Faisal Affif bahwa "Sesungguhnya semakin besar organisasi dan semakin terbatas tanggungjawab para perseronya serta semakin tinggi peran modal intensifnya maka faktor kesinambungan memegang peranan utama dalam organisasi tersebut".
b.   Organisasi kecil secara konsep memiliki aset yang kecil, jumlah karyawan kecil, produksi yang kecil, pasar yang kecil dan berbagai kondisi lainnya. Dengan kondisi seperti ini suatu perusahaan kecil memiliki konsep berbeda dalam melihat kontinuitas. pada organisasi kecil sisi kontinuitas diperhitungkan namun tidak akan menjadi serius jika suatu saat organisasi tersebut bermasalah, karena para konsumen, pemasok, pedagang, dan lainnya akan dengan cepat bisa beralih ke organisasi lain untuk tetap bisa mempertahankan kinerja mereka. 

      3.      Apa yang dimaksud dengan organisasi tertutup ?

Jawab :
Organisasi yang menganut konsep sistem tertutup adalah organisasi tersebut tidak memiliki tingkat interaksi yang tinggi dengan lingkungan luar. Bahkan organisasi dengan sistem seperti ini cenderung mengambil peran yang menjauh dari lingkungan luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar