Ragam bentuk
yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sektor,
maka tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan dengan
istilah work and play dapat menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja
usaha semua usaha dalam semua sektor, sosial, ekonomi dan budaya. Salah satu
bentuk tersebut adalah E-commerce.
E-commerce tetap
pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara
elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat
pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim.
Luasnya wilayah
e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut
regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware), perbankan, perpajakan, dan
banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh
dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan
bank (e-banking).
Yang akan saya
bahas dalam tulisan ini adalah E-Banking.
1.
PENGERTIAN E-BANKING
E-Banking atau Electronic Banking merupakan layanan perbankan yang
menggunakan media elektronik sebagai perantaranya. Tujuan dari Electronic
Banking adalah sebagai sarana penyediaan multi channel dan juga dapat menghemat
biaya transaksi bank, nasabah lebih bebas, mudah, dan memberikan keamanan
bertransaksi 24 jam sehari dimanapun nasabah berada.
2.
MANFAAT E-BANKING
Manfaat yang diberikan dari fasilitas electronic banking diterima
oleh pihak bank selaku penyedia dan juga pihak nasabah selaku pengguna.
Diantaranya bagi pihak bank Business expansion, Customer loyality, Revenue and
cost improvement, Competitive advantage, New business model serta Fee base
Income. Selain itu manfaat bagi para nasabah diantaranya Memberikan kemudahan
dan kecepatan, transaksi dimana saja dan kapan saja dapat dilakukan dan hemat
biaya dan waktu.
Dari berbagai manfaat electronic banking yang diterima perlu
diperhatikan juga dari segi keamanannya.
Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, antara lain :
-
Confidentiality
-
Integrity
-
Authentication
-
Non-repudiation
-
Availability.
Aspek-aspek keamanan tersebut perlu diperhatikan untuk memberikan
kenyamanan yang lebih bagi para nasabah. Selain kenyamanan aspek-aspek tersebut
merupakan suatu tindakan pencegahan dari ancaman pihak luar. Ancaman-ancaman
yang terjadi dari pihak luar dapat menimbulkan kerugian pada pihak bank. Ini
tentu harus dihindari. Faktor keamanan pada sistem sangat diperlukan untuk
mencegah segala ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
3.
LAYANAN YANG TERSEDIA PADA
E-BANKING
·
Transfer Dana
-
Transfer antar Rekening
-
Transfer antar Bank Domestik
-
Daftar Transfer Terjadwal
·
Pembayaran
-
Telkom & Telepon CDMA
-
Telepon GSM
-
Internet
-
Kabel TV
-
Kartu Kredit
-
Listrik
-
Angsuran
-
Asuransi
-
Pendidikan
-
Airlines
-
Autodebit
-
Lain-lain
·
Pembelian
-
Pulsa Telepon CDMA
-
Pulsa Telepon GSM
-
Tiket
-
Penempatan Deposito Berjangka
·
Informasi Rekening & Kartu
Kredit
-
Rek. Tabungan & GIRO
-
Posisi Saldo
-
Histori Transaksi
-
Daftar Rekening
-
Rek. Deposito
-
Rek. Pinjaman
-
Informasi Kartu Visa
·
Fasilitas Layanan
-
Status Cek
-
Layanan Notifikasi SMS
-
Informasi Suku Bunga
-
Informasi Kurs
SUMBER :
http://dessymarantika7.blogspot.com/2014/10/contoh-penerapan-telematika-pada-bidang.html
http://gozovhi.blogspot.com/2011/11/apa-sih-e-banking-itu.html
https://bsriwidodo.wordpress.com/2008/09/23/apa-itu-internet-banking
Tidak ada komentar:
Posting Komentar