Kamis, 01 Oktober 2015

E-BANKING “TELEMATIKA DALAM BIDANG BISNIS“



Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sektor, maka tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua sektor, sosial, ekonomi dan budaya. Salah satu bentuk tersebut adalah E-commerce.
E-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim.
Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware), perbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking).
Yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah E-Banking.
1.       PENGERTIAN E-BANKING
E-Banking atau Electronic Banking merupakan layanan perbankan yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya. Tujuan dari Electronic Banking adalah sebagai sarana penyediaan multi channel dan juga dapat menghemat biaya transaksi bank, nasabah lebih bebas, mudah, dan memberikan keamanan bertransaksi 24 jam sehari dimanapun nasabah berada.

2.       MANFAAT E-BANKING
Manfaat yang diberikan dari fasilitas electronic banking diterima oleh pihak bank selaku penyedia dan juga pihak nasabah selaku pengguna. Diantaranya bagi pihak bank Business expansion, Customer loyality, Revenue and cost improvement, Competitive advantage, New business model serta Fee base Income. Selain itu manfaat bagi para nasabah diantaranya Memberikan kemudahan dan kecepatan, transaksi dimana saja dan kapan saja dapat dilakukan dan hemat biaya dan waktu.
Dari berbagai manfaat electronic banking yang diterima perlu diperhatikan juga dari segi keamanannya.
Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, antara lain :
-          Confidentiality
-          Integrity
-          Authentication
-          Non-repudiation
-          Availability.
Aspek-aspek keamanan tersebut perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi para nasabah. Selain kenyamanan aspek-aspek tersebut merupakan suatu tindakan pencegahan dari ancaman pihak luar. Ancaman-ancaman yang terjadi dari pihak luar dapat menimbulkan kerugian pada pihak bank. Ini tentu harus dihindari. Faktor keamanan pada sistem sangat diperlukan untuk mencegah segala ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3.       LAYANAN YANG TERSEDIA PADA E-BANKING
·         Transfer Dana
-          Transfer antar Rekening
-          Transfer antar Bank Domestik
-          Daftar Transfer Terjadwal
·         Pembayaran
-          Telkom & Telepon CDMA
-          Telepon GSM
-          Internet
-          Kabel TV
-          Kartu Kredit
-          Listrik
-          Angsuran
-          Asuransi
-          Pendidikan
-          Airlines
-          Autodebit
-          Lain-lain
·         Pembelian
-          Pulsa Telepon CDMA
-          Pulsa Telepon GSM
-          Tiket
-          Penempatan Deposito Berjangka
·         Informasi Rekening & Kartu Kredit
-          Rek. Tabungan & GIRO
-          Posisi Saldo
-          Histori Transaksi
-          Daftar Rekening
-          Rek. Deposito
-          Rek. Pinjaman
-          Informasi Kartu Visa
·         Fasilitas Layanan
-          Status Cek
-          Layanan Notifikasi SMS
-          Informasi Suku Bunga
-          Informasi Kurs

SUMBER :
http://dessymarantika7.blogspot.com/2014/10/contoh-penerapan-telematika-pada-bidang.html
http://gozovhi.blogspot.com/2011/11/apa-sih-e-banking-itu.html

https://bsriwidodo.wordpress.com/2008/09/23/apa-itu-internet-banking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar