PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK
Perilaku
Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar,
menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskan kebutuhan mereka.
Analisis
tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar
dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, pemasar wajib memahami konsumen,
seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil
keputusan.
Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
1. Faktor Sosial
a. Grup
b. Pengaruh Keluarga
c. Peran dan Status
2. Faktor Personal
a. Situasi Ekonomi
b. Gaya Hidup
c. Kepribadian dan Konsep Diri
d. Umur dan Siklus Hidup
e. Pekerjaan
3. Faktor Psikologi
a. Motivasi
b. Persepsi
c. Pembelajaran
d. Beliefs and Attitude
4. Faktor Kebudayaan
a. Subkultur
b. Kelas Sosial
Menurut
Kotler (1997), konsumen melalui beberapa tahap dalam pengambilan keputusan
untuk membeli suatu produk, antara lain
:
1. Pengenalan Masalah, konsumen/calon
pembeli akan mengenali suatu masalah atau kebutuhan.
2. Pencarian informasi, hal ini
berhubungan dengan ketersediaan informasi dari suatu produk, dan ketersediaan
dari produk tersebut, jika tersedia maka konsumen akan bersedia untuk
membelinya.
3. Evaluasi Alternatif, Konsumen akan
melihat berbagai alternatif dari suatu produk, dan akan secara teliti membuat
pilihan terhadap produk tersebut.
4. Keputusan Pembeli, setelah
mengevaluasi produk alternatif maka konsumen/calon pembeli akan membuat
keputusan untuk membeli. Penilaian terhadap keputusan pembelian konsumen
membentuk sebuah pilihan merek diantara merek yang lain.
AQUA
Aqua merupakan sebuah perusahaan air minum
mineral yang telah dikenal luas dan ada sejak lama (sejak 23 Februari 1973),
Aqua telah menjadi sebuah image untuk
produk air minum mineral dan dikenal oleh segala kalangan dari mulai anak
kecil, hingga orang dewasa, contohnya saja jika kita melihat sekitar kita
hampir semua konsumen yang membeli air mineral akan memesan dengan sebutan “Aqua
galon”, “Aqua botol” ataupun “Aqua gelas” walaupun tidak semua penjual
menyediakan produk Aqua itu sendiri, misalnya saja produk VIT, Anda, Cleo, dan
lain-lain. Tetapi konsumen tetap menyebutnya “Aqua” dan jika mereka diberikan
produk selain Aqua pun konsumen tidak protes karena sudah menjadi budaya di
tengah masyarakat dimana brand Aqua
diartikan sebagai sebutan lain dari air mineral.
Keberhasilan dan kebesaran aqua sekarang tidak
didapatkan dengan mudah, hal tersebut mereka raih dengan kegigihan dan
konsistensi mereka mengenalkan air minum dalam kemasan kepada masyarakat luas
yang pada masa awal perusahaan tersebut berdiri masih belum mengenal dan
percaya terhadap air minum dalam kemasan. Dapat kita lihat iklan Aqua yang ada
di televisi, dimana iklan tersebut menceritakan bagaimana konsumen tidak
tertarik terhadap produk ini, namun dengan kualitas baik yang dimiliki oleh
Aqua, secara perlahan-lahan masyarakatpun sadar akan kebutuhan air minum yang
higienis dan baik untuk kesehatan.
Kepuasan
konsumen terhadap produk Aqua dapat dilihat dari loyalitas konsumen yang tetap
mengkonsumsi Aqua walaupun banyak produk-produk air mineral lain yang beredar
di pasaran, hal ini tidak terlepas dari usaha PT. Golden Mississippi (produsen
Aqua) yang terus menjaga dan meningkatkan kualitas Aqua. Keberhasilan Aqua juga
dapat dilihat dari ketertarikan grup Danone untuk melakukan merger dan membeli
sebagian saham PT. Golden Mississippi. Aqua juga telah membuktikan kualitasnya
dengan mendapatkan berbagai penghargaan seperti Packindo Star 2011 kategori Consumer Pack dari
Federasi Pengemasan Indonesia untuk AQUA
Reflections(botol gelas premium), Menerima penghargaan Indonesian Best Brand
and Indonesian Golden Brand, Indonesia Customer Satisfaction Award, Indonesian
Best Brand Award, Value Creator Award, dan masih banyak lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar