Selasa, 11 Juni 2013

PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK

PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK

            Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
            Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, pemasar wajib memahami konsumen, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
1. Faktor Sosial
a. Grup
b. Pengaruh Keluarga
c. Peran dan Status
2. Faktor Personal
a. Situasi Ekonomi
b. Gaya Hidup
c. Kepribadian dan Konsep Diri
d. Umur dan Siklus Hidup
e. Pekerjaan
3. Faktor Psikologi
a. Motivasi
b. Persepsi
c. Pembelajaran
d. Beliefs and Attitude
4. Faktor Kebudayaan
a. Subkultur
b. Kelas Sosial

            Menurut Kotler (1997), konsumen melalui beberapa tahap dalam pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk, antara lain  :
1.      Pengenalan Masalah, konsumen/calon pembeli akan mengenali suatu masalah atau kebutuhan.
2.      Pencarian informasi, hal ini berhubungan dengan ketersediaan informasi dari suatu produk, dan ketersediaan dari produk tersebut, jika tersedia maka konsumen akan bersedia untuk membelinya.
3.      Evaluasi Alternatif, Konsumen akan melihat berbagai alternatif dari suatu produk, dan akan secara teliti membuat pilihan terhadap produk tersebut.
4.      Keputusan Pembeli, setelah mengevaluasi produk alternatif maka konsumen/calon pembeli akan membuat keputusan untuk membeli. Penilaian terhadap keputusan pembelian konsumen membentuk sebuah pilihan merek diantara merek yang lain.


AQUA



      Aqua merupakan sebuah perusahaan air minum mineral yang telah dikenal luas dan ada sejak lama (sejak 23 Februari 1973), Aqua telah menjadi sebuah image untuk produk air minum mineral dan dikenal oleh segala kalangan dari mulai anak kecil, hingga orang dewasa, contohnya saja jika kita melihat sekitar kita hampir semua konsumen yang membeli air mineral akan memesan dengan sebutan “Aqua galon”, “Aqua botol” ataupun “Aqua gelas” walaupun tidak semua penjual menyediakan produk Aqua itu sendiri, misalnya saja produk VIT, Anda, Cleo, dan lain-lain. Tetapi konsumen tetap menyebutnya “Aqua” dan jika mereka diberikan produk selain Aqua pun konsumen tidak protes karena sudah menjadi budaya di tengah masyarakat dimana brand Aqua diartikan sebagai sebutan lain dari air mineral.


                        Keberhasilan dan kebesaran aqua sekarang tidak didapatkan dengan mudah, hal tersebut mereka raih dengan kegigihan dan konsistensi mereka mengenalkan air minum dalam kemasan kepada masyarakat luas yang pada masa awal perusahaan tersebut berdiri masih belum mengenal dan percaya terhadap air minum dalam kemasan. Dapat kita lihat iklan Aqua yang ada di televisi, dimana iklan tersebut menceritakan bagaimana konsumen tidak tertarik terhadap produk ini, namun dengan kualitas baik yang dimiliki oleh Aqua, secara perlahan-lahan masyarakatpun sadar akan kebutuhan air minum yang higienis dan baik untuk kesehatan.


      Kepuasan konsumen terhadap produk Aqua dapat dilihat dari loyalitas konsumen yang tetap mengkonsumsi Aqua walaupun banyak produk-produk air mineral lain yang beredar di pasaran, hal ini tidak terlepas dari usaha PT. Golden Mississippi (produsen Aqua) yang terus menjaga dan meningkatkan kualitas Aqua. Keberhasilan Aqua juga dapat dilihat dari ketertarikan grup Danone untuk melakukan merger dan membeli sebagian saham PT. Golden Mississippi. Aqua juga telah membuktikan kualitasnya dengan mendapatkan berbagai penghargaan seperti  Packindo Star 2011 kategori Consumer Pack dari Federasi Pengemasan Indonesia  untuk AQUA Reflections(botol gelas premium), Menerima penghargaan Indonesian Best Brand and Indonesian Golden Brand, Indonesia Customer Satisfaction Award, Indonesian Best Brand Award, Value Creator Award, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar